Bayar Mahal Karena Perbuatan Yang Salah - Monica Lewinsky

"Ketika saya mengakui cintaku kepada presiden, dan, tentunya, kesedihan hati saya; mendengarkan kepada saya yang kadang-kadang tajam, kadang-kadang kasar, kadang-kadang kekonyolan saya menjadi kejam, tak kenal ampun, kasar;"

The price of shame - Monica Lewinsky. Bayar Mahal Karena Perbuatan Yang Salah - Monica Lewinsky. Shallom,

Anda sedang melihat seorang wanita yang pernah diam di publik dalam satu dekade. Jelas, itu sudah berubah, tetapi hanya baru-baru ini. Beberapa bulan yang lalu saya berbicara pada publik yang utama untuk pertama kalinya pada pertemuan Forbes 30 Under 30: 1500 orang brilian, semuanya dibawah usia 30 tahun. Berarti pada tahun 1998, orang tertua dalam kelompok itu baru berusia 14 tahun, dan yang termuda, berusia 4 tahun.

Saya bercanda dengan mereka bahwa beberapa orang mungkin hanya mengenal saya dari lagu rap. Ya, saya dalam lagu rap. Hampir 40 lagu rap.

Tetapi di malam pidato saya, terjadi satu kejutan. Pada umur 41 tahun, saya disukai seorang pria berusia 27 tahun. Aku tahu, benar? Dia tampan dan saya dirayu, dan saya menolak. Anda tahu apa yang membuat dia gagal? Dia membuat saya merasa berusia 22 tahun lagi.


Saya lalu menyadari malam itu, saya mungkin satu-satunya orang berumur 40 yang tidak ingin berumur 22 tahun lagi.

Pada usia 22 tahun, saya jatuh cinta dengan bos saya, dan di usia 24 tahun, saya belajar tentang konsekuensi yang menghancurkan. Dapatkah saya melihat tunjukan tangan dari siapa pun di sini yang tidak membuat kesalahan atau melakukan sesuatu yang mereka sesali di usia 22 tahun? Ya. Itu yang saya pikirkan.

Jadi, seperti saya, di usia 22 tahun, beberapa dari anda juga telah mengambil tikungan yang salah, dan jatuh cinta dengan orang yang salah, bahkan mungkin dengan bos anda. Walaupun tidak seperti saya, bos anda mungkin bukan presiden dari Amerika Serikat. Tentu saja, hidup penuh kejutan, Tidak sehari lewat di waktu mana saya tidak mengingat akan kesalahan saya, dan saya sangat menyesal akan kesalahan itu.

Pada 1998, setelah terlibat asrama yang mustahil, saya menjadi perhatian di mata politik, hukum dan pusaran media seperti yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Ingat, hanya beberapa tahun lalu, berita hanya dapat diperoleh dari tiga sumber: baca koran atau majalah, mendengarkan radio, atau menonton televisi. Hanya itu.

Tetapi itu bukan nasib saya. Malah, skandal ini sampai pada anda dengan revolusi digital. Itu artinya kita dapat mengakses semua informasi yang kita mau, kapan kita mau, kapan saja, dimana saja, dan waktu ceritanya pecah di January 1998, itu pecah online.

Itu pertama kalinya berita tradisional direbut oleh internet untuk berita utama, sebuah klik yang bergema sekeliling dunia. Apa itu artinya untuk saya sendiri yaitu dalam satu malam saya berubah dari seseorang yang tertutup menjadi seseorang yang dipermalukan di muka publik di dunia.

Kesabaran saya nihil dari kekalahan reputasi sendiri pada suatu skala global hampir secara instan. Ini membuat keputusan yang tergesa-gesa, diaktifkan oleh teknologi, memimpin massa dari pembuang batu virtual. Diberikan, itu sebelum media sosial, tetapi orang tetap dapat memberi komentar di online, email cerita, dan, tentu saja, email lelucon kejam.


Semua sumber berita meliputi foto saya untuk menjual koran, spanduk iklan online, dan untuk menahan orang menyetel televisi. Apa kalian mengingat kembali foto tertentu saya, bilang, memakai sebuah baret?

Sekarang, saya mengakui saya melakukan kesalahan, terutama memakai baret itu. Tetapi perhatian dan pernilaian yang saya terima, bukan ceritanya, tetapi yang saya terima sendiri, adalah belum pernah terjadi sebelumnya. Saya dicap sebagai gelandangan, pelacur, gadis nakal, sundal, bimbo, dan tentunya, wanita itu.

Saya terlihat oleh banyak tetapi sebenarnya diketahui oleh beberapa. Dan saya mengerti: itu gampang dilupakan bahwa wanita itu adalah dimensi, mempunyai jiwa, dan dulunya tak hancur. Ketika hal ini terjadi kepada saya 17 tahun yang lalu, tidak ada nama untuk itu. Sekarang kita memanggilnya intimidasi maya dan pelecehan online.

Hari ini, saya mau membagikan beberapa pengalaman saya dengan kalian, berbicara tentang bagaimana pengalaman itu telah membantu membentuk pandangan kultural saya, dan bagaimana saya berharap pengalaman masa lalu saya dapat memimpin sebuah perubahan yang dapat mengurangi penderitaan untuk yang lainnya.

Pada tahun 1998, saya kehilangan reputasi dan kehormatan saya. Saya hampir kehilangan semuanya, dan saya hampir kehilangan nyawa saya. Mari saya lukiskan gambar untuk kalian.

Sekarang September dari tahun 1998 Saya sedang duduk di dalam ruangan kantor tanpa jendela. di dalam kantor pengacara independen di bawah dengung lampu neon. Saya mendengarkan kepada suara saya sendiri, suara saya yang diam-diam direkam panggilan telepon yang seharusnya teman telah membuat setahun sebelumnya.

Saya disini karena saya telah diminta secara hukum untuk membuktikan sendiri seluruh 20 jam rekaman percakapan. Selama 8 bulan terakhir, isi kaset ini yang misterius telah digantung di atas kepala saya seperti pedang Damocles.

Maksud saya, siapa yang dapat mengingat sesuatu yang mereka katakan setahun yang lalu? Takut dan malu, saya mendengarkan, mendengarkan ketika saya mengoceh tentang kapar dan jetsam dari hari itu; mendengarkan ketika saya mengakui cinta saya kepada presiden, dan, tentunya, kesedihan hati saya; mendengarkan kepada saya yang kadang-kadang tajam, kadang-kadang kasar, kadang-kadang kekonyolan saya menjadi kejam, tak kenal ampun, kasar; mendengarkan, secara mendalam, sangat malu, kepada versi terburuk saya, seseorang yang saya tak kenal.


Beberapa hari kemudian, Starr melaporkan ke kongres, dan semua kaset-kaset dan transkip, kata-kata yang dicuri, membentuk bagian dari itu. Bahwa orang-orang dapat membaca transkrip sudah cukup mengerikan, tetapi berapa minggu kemudian, kaset audio ditayangkan di televisi, dan bagian penting tersedia secara online.

Penghinaan publik sangat menyiksa. Hidup hampir tak tertahankan. Ini adalah sesuatu yang tidak biasanya terjadi pada tahun 1998, dan dengan ini, maksud saya adalah pencurian kata-kata pribadi orang, tindakan, percakapan atau foto, dan kemudian membuat mereka publik -- publik tanpa persetujuan, publik tanpa konteks, dan publik tanpa iba.

Mempercepat 12 tahun ke 2010, dan sekarang media sosial telah lahir. Pemandangan sayangnya menjadi jauh lebih diisi dengan kasus seperti saya, apakah seseorang benar-benar membuat kesalahan atau tidak, dan sekarang untuk kedua publik dan orang pribadi.

Konsekuensi untuk beberapa telah menjadi mengerikan, sangat mengerikan. Saya sedang di telepon dengan ibuku pada September 2010, dan kita sedang berbicara tentang berita mahasiswa perguruan tinggi muda dari Rutgers University bernama Tyler Clementi. Manis, sensitif, kreatif Tyler diam-diam di webcam oleh teman sekamarnya selagi berhubungan intim dengan lelaki lain. Ketika dunia online belajar akan kejadian ini, ejekan dan intimidasi maya membara. Beberapa hari kemudian, Tyler melompat dari jembatan George Washington ke kematiannya. Dia berumur 18.

Ibuku berada di samping dirinya tentang apa yang terjadi dengan Tyler dan keluarganya, dan ia patah hati dengan nyeri dengan cara yang saya tidak bisa cukup mengerti, dan kemudian akhinya saya menyadari dia mengingat kembali akan tahun 1998, mengingat kembali saat dia duduk di dekat tempat tidur setiap malam, mengingat kembali saat dia membuat saya mandi dengan pintu kamar mandi terbuka, dan mengingat kembali waktu ketika kedua orang tua sangat takut bahwa saya akan dipermalukan sampai mati, secara harfiah.

Hari ini, terlalu banyak orang tua, belum punya kesempatan untuk bertindak dan menyelamatkan orang yang mereka cintai. Terlalu banyak yang sudah belajar tentang penderitaan dan penghinaan anak mereka setelah terlalu terlambat.

Tragis, kematian tidak masuk akal Tyler adalah titik balik bagi saya. Ini berfungsi untuk rekontekstual pengalaman saya, dan saya kemudian mulai melihat dunia penghinaan dan intimidasi di sekitar saya dan melihat sesuatu yang berbeda.


Pada tahun 1998, kami tidak punya cara untuk mengetahui kemana teknologi baru yang sempurna ini disebut internet akan membawa kami. Sejak itu, ia telah menghubungkan orang dengan cara yang tak terbayangkan, menghubungkan saudara hilang, menyelamatkan nyawa, meluncurkan revolusi, tapi kegelapan, intimidasi online dan pelacur-memalukan yang saya alami telah menjamur.

Setiap hari online, orang, khususnya kaum muda yang belum melengkapi perkembangan untuk menangani hal ini, begitu disalahgunakan dan dipermalukan bahwa merek tidak bisa membayangkan hidup sampai hari berikutnya, dan beberapa, tragis, tidak, dan tidak ada yang virtual tentang itu.

ChildLine, nirlaba Inggris yang berfokus untuk membantu orang-orang muda pada berbagai isu, merilis statistik yang mengejutkan pada akhir tahun lalu: Dari tahun 2012-2013, ada peningkatan 87 persen dalam panggilan dan email terkait untuk intimidasi maya.

Sebuah meta-analisis yang dilakukan dari Belanda menunjukkan untuk pertama kalinya, intimidasi maya memimpin perhatian untuk bunuh diri lebih signifikan dibanding intimidasi offline.

Dan kau tahu apa yang mengejutkan saya, meskipun seharusnya tidak, adalah penelitian lain tahun lalu bahwa penghinaan yang bertekad adalah emosi yang bisa dirasa lebih intens dari baik kebahagiaan atau bahkan kemarahan.

Kekejaman terhadap orang lain adalah bukan sesuatu hal yang baru, tapi online, teknologi ditingkatkan mempermalukan diperkuat, tidak mengandung, dan dapat diakses secara permanen.

Gema malu biasanya menjangkau hanya sejauh keluarga anda, desa, sekolah atau komunitas, tetapi sekarang menjangkau komunitas online juga. Jutaan orang sering kali yang tak dikenal, dapat menusuk anda dengan kata-kata mereka, dan rasanya sakit sekali, dan tidak ada batas sekitar berapa banyak orang dapat mengamati anda di depan umum dan memasukan anda dalam benteng publik. Ada harga yang sangat pribadi untuk penghinaan publik, dan pertumbuhan internet telah mendongkrak harga.

Selama hampir dua dekade, kami telah perlahan-lahan menabur benih malu dan penghinaan publik dalam tanah budaya kita, baik on dan offline. Situs gosip, paparazi, program realitas, politik, outlet berita dan kadang-kadang hacker semua memperdagangkan rasa malu.

Ini menyebabkan desensitisasi dan lingkungan online yang permisif yang meminjamkan diri sendiri untuk mengolok, invasi privasi, dan intimidasi maya. Pergeseran ini telah menciptakan apa yang Profesor Nicolaus Mills panggil budaya penghinaan.

Pertimbangkan beberapa contoh yang menonjol hanya dari enam bulan terakhir saja. Snapchat, layanan yang digunakan terutama oleh generasi muda dan mengklaim bahwa pesan-pesannya hanya memiliki umur beberapa detik.


Anda bisa bayangkan jangkauan konten yang bisa didapat. Sebuah aplikasi pihak ketiga yang Snapchatters gunakan untuk melestarikan umur pesan dihack, dan 100.000 percakapan pribadi, foto, dan video bocor secara online sehingga sekarang memiliki umur selamanya.

Akun iCloud Jennifer Lawrence dan beberapa aktor lainnya telah di hack, dan pribadi, intim, foto bugil yang terpampang di internet tanpa izin mereka. Satu situs gosip memiliki lebih dari lima juta hit untuk cerita yang satu ini.

Dan bagaimana dengan Sony Pictures cyberhacking? Dokumen yang menerima perhatian yang paling banyak adalah email pribadi yang memiliki nilai malu publik yang maksimal.

Tapi dalam budaya penghinaan ini, ada label harga jenis lain melekat dengan dipermalukan publik. Harganya tidak mengukur biaya terhadap korban, yang Tyler dan terlalu banyak orang lain, terutama wanita, kaum minoritas, dan anggota komunitas LGBTQ yang telah membayar, tapi harga mengukur keuntungan dari orang-orang yang memangsa mereka. Invasi lain ini adalah bahan baku, ditambang dengan efisien dan kejam, dikemas dan dijual dengan keuntungan.

Sebuah pasar telar muncul dimana penghinaan publik adalah komoditas dan rasa malu adalah industri. Bagaimana uangnya dibuat? Klik. Semakin memalukan, lebih banyak klik. Lebih banyak klik, lebih banyak dolar dari iklan. Kami berada dalam siklus yang bahaya.

Semakin banyak kita klik pada jenis gosip, semakin kita mati rasa untuk kehidupan manusia di balik itu, dan semakin kita mati rasa, semakin banyak kita klik. Sementara itu, seseorang membuat uang dibelakang penderitaan orang lain.

Dengan setiap klik, kita membuat pilihan. Semakin kita memenuhi budaya kita dengan mempermalukan publik, semakin itu akan diterima, semakin banyak kita akan melihat perilaku seperti intimidasi maya, mengolok, beberapa bentuk hacking, dan pelecehan online.

Kenapa? Karena mereka semua memiliki penghinaan di tubuh mereka. Perilaku ini adalah gejala dari budaya yang telah kita buat. Cobalah berpikir tentang itu. Perilaku berubah dimulai dengan berkembangnya keyakinan.

Kami telah melihat bahwa ini terjadi kenyataan dengan rasisme, homofobia, dan banyak bias lainnya, hari ini dan di masa lalu. Seperti kita yang berubah keyakinan tentang pernikahan sesama jenis, banyak orang telah ditawarkan kebebasan yang sama. Ketika kita mulai menilai keberlanjutan, banyak orang mulai mendaur ulang.


Jadi sejauh penghinaan di budaya kita berjalan, apa yang kita butuhkan adalah sebuah revolusi kebudayaan. Mempermalukan publik seagai olahraga harus dihentikan, dan sudah waktunya untuk intervensi di internet dan di dalam budaya kita.

Pergeseran ini dimulai dengan sesuatu yang sederhana, tapi itu tidak mudah, Kita perlu kembali ke nilai lama yang dipegang yaitu belas kasih - kasih sayang dan empati. Online, kita mendapatkan defisit kasih sayang, sebuah krisis empati.

Peneliti Brené Brown mengatakan, dan saya kutip, "Malu tidak bisa menahan empati". Malu tidak bisa menahan empati. Saya telah melihat beberapa hari yang sangat gelap dalam hidup saya, dan itu adalah kasih sayang dan empati dari keluarga saya, teman-teman, profesional, dan bahkan kadang-kadang orang asing yang menyelamatkan saya.

Bahkan empati dari satu orang dapat membuat perbedaan. Teori yang mempengaruhi minoritas, diusulkan oleh psikolog sosial Serge Moscovici, mengatakan bahwa bahkan dalam jumlah kecil, ketika ada konsistensi dari waktu ke waktu, perubahan bisa terjadi.

Di dunia online, kita dapat menumbuhkan pengaruh minoritas dengan menjadi pembela. Untuk menjadi sarana pembela bukannya pengamat amatis, kita bisa memasukkan komentar positif bagi seseorang atau melaporkan situasi intimidasi.

Percayalah, komentar ponuh kasih membantu mereda negatif. Kami juga dapat menangkal budaya oleh organisasi pendukung yang berhubungan dengan jenis-jenis masalah seperti ini, seperti Tyler Clementi Foundation di AS, Di U.K., ada Anti-Bullying Pro, dan di Australia, ada Project Rockit.

Kami berbicara banyak tentang hak kebebasan kami dalam berekspresi, tapi kita perlu lebih banyak bicara tentang tanggung jawab kami dalam kebebasan berekspresi.

Kita semua ingin didengar, tapi mari kita mengakui perbedaan antara berbicara dengan niat dan berbicara untuk perhatian. Internet adalah jalan tol super untuk id, tapi online, menunjukkan empati kepada orang lain memanfaatkan kita semua dan membantu menciptakan dunia yang lebih aman dan lebih baik.

Kita perlu berkomunikasi online dengan kasih sayang mengkonsumsi berita dengan kasih sayang, dan klik dengan kasih sayang. Bayangkan saja berjalan satu mil dalam judul orang lain.

Saya ingin berakhir pada catatan pribadi. Dalam sembilan bulan terakhir, pertanyaan yang saya ditanya paling banyak adalah mengapa. Mengapa sekarang? Mengapa saya menempelkan kepala saya di atas tembok pembatas?

Anda dapat membaca antara garis-garis di pertanyaan, dan jawabannya tidak ada hubungannya dengan politik. Puncak jawaban catatan adalah karena sudah waktunya: waktunya untuk berhenti berjalan di ujung kaki sekitar masa lalu saya; waktu untuk berhenti hidup dari penghinaan; dan waktunya mengambil kembali narasi saya.

Ini juga bukan hanya tentang menyelamatkan sendiri. Siapapun yang menderita dari malu dan penghinaan publik perlu tahu satu hal: Anda dapat bertahan. Aku tahu itu sulit. Ini mungkin akan menyakitkan, tidak cepat atau mudah, tetapi anda bisa memaksa pada akhir yang berbeda unuk cerita anda.

Sumber:

Temukanlah belas kasihan untuk diri sendiri. Kita semua layak mendapatkan kasih sayang, dan untuk hidup baik online dan offline di dunia yang lebih penuh kasih. Terima kasih untuk mendengarkan.

(Tepuk Tangan)

Translator: Nathania Meilita; Reviewer: Zainab Mursyidah.

--- Demikian kesaksian Monica Lewinsky ...
  • Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!" - (Matius 4:17).
  • Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. - (Yohanes 14:6).
  • Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah! - (Wahyu 3:19).
Salam kasih dan persabahatan. Tetap semangat dan mengasihi sesama manusia apapun keyakinannya. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

No comments

Powered by Blogger.